Mesin Kapal Laut

 

Mesin Kapal Laut


Deskripsi Mesin Kapal

Mesin kapal laut adalah penggerak semua fasilitas pekerjaan di kapal untuk menopang segala kebutuhan kerja di atas kapal tersebut. termasuk di dalamnya main engine atau mesin penggerak utama dan auxylary engine atau mesin bantu sebagai sumber utama penghasil daya listrik di atas kapal

  • Jenis Mesin Kapal

1.Mesin Diesel

2.Mesin Bensin

3.Mesin Turbin uap

Untuk penjelasan lebih lengkap dan terperinci kawan-kawan bisa klik sendiri di link diatas untuk jenis mesin apa yang ingin kawan-kawan ketahui.

Mesin kapal laut ini pada umumnya digunakan untuk

  • Main Engine

  • Apakah yang di maksud dengan main engine

Main Engine atau mesin induk adalah mesin penggerak utama untuk menggerakan sebuah kapal di atas lautan baik itu mundur maupun maju itu semua di gerakan oleh main engine di atas. dengan prinsip kerja segitiga api yaitu panas, udara dan panas atau secara rincinya yaitu merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Energi kimia didapatkan melalui proses reakasi kimia (pembakaran) dari bahan bakar dan oksidiser udara di dalam silinder ruang bakar. kapal banyak nya main engine atau mesin penggerak utama tersebut tergantung kebutuhan kapal tersebut tetapi standarnya jumlah main engine atau tenaga main engine di kapal itu tergantung dengan GRT kapal tersebut misal sebuah kapal memiliki kapasitas berat 5000 GRT minimal tenaga main engine nya (HP) yaitu 75 % dari GRT kapal tersebut sehingga di dapat 5000 x 75 % =  3750 HP ( hourse power ) agar kapal tersebut bisa stabil untuk melaju di atas lautan yang memliki cuaca berubah ubah dan tidak bisa di tebak kondisinya. untuk itu sebelum owner kapal membeli atau membuat kapal harus memperhatikan spesifikasi kapal karena mesin kapal laut sangat penting perananya untuk menopang kebutuhan kapal sebagai akomodasi transfortasi laut antar pulau ini. 

Fungsi Main Engine adalah Untuk Menggerakan baling baling kapal dengan tenaga dari jenis mesin kapal tersebut sehingga kapal tersebut bisa bergerak maju mundur atau bermanuver di atas lautan untuk membawa barang antar pulau ke pulau lainya. 

  • Jenis Main Engine 

 Jenis main engine atau mesin induk kapal ada 4  jenis

  • 1.Mesin Diesel

  • 2.Mesin Bensin

  • 3.Mesin Turbin uap 

  • 4.Mesin Tenaga nuklir 

 untuk lebih jelasnya kawan kawan bisa lihat penjelasanya secara rinci disini 

  •  Mesin Genset

Auxilary Engine / Mesin Bantu / Genset adalah Mesin yang menggerakan genset atau generator set yang akan menghasilkan daya listrik. 

Fungsi Genset/ Generator set / alternator adalah Suatu alat yang memiliki kemampuan menghasilkan tegangan listrik dengan prinsip kerja induksi elektromagnetik atau karena adanya flux perbedaan daya magnet.

  • Jenis Genset

Jenis genset ada 2 yaitu 

  • 1. Generator set arus bolak balaik atau AC

  • 2. Generator set arus searah atau DC

Untuk penjelasan lebih rincinya kawan-kawan bisa lihat disini

Setelah sebuah kapal memiliki daya listrik dari mesin genset maka kapal tersbut sudah mampu menjalakan berbagai pompa dan kontrol kemudi di anjungan kapal karena notabenenya seluruh kontrol di atas kapal membutuhkan daya listrik.

untuk penjelasan berbagai pompa di atas kapal nanti saya akan jelaskan secara rincinya disini

dan untuk penjelasan kontrol kemudi dan kontrol mesin sebuah kapal nanti akan saya jelaskan secara detailnya disini


Sekian dari saya semoga penjelasan mesin kapal laut dari pengalaman kerja saya sebagai enginer bisa bermanfaat untuk kawan kawan semua khususnya untuk kawan kawan yang baru saja memulai belajar menjadi seorang enginer kapal laut jika ada yang kurang di pahami dari penjelasan di atas kawan kawan bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah nanti saya jawab sebisa mungkin berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya. akhir kata salam sukses dan bravo untuk pelaut indonesia


Next Post
No Comment
Add Comment
comment url